DALYANA'S BLOG
My Life My Imagination My Opinion

Jumat, 17 Desember 2010

KHUTBAH JUMAT“MENSIKAPI AGRESI MILITER ISRAEL TERHADAP RAKYAT PALESTINA DI JALUR GAZA” Jumat, 9 Januari 2009 Oleh: Dalyana, S.Pd., M.Pd.


Pendahuluan:
Hadirin Jamaah Jumah rohiemakumulloh.
Puji dan syukur, marilah kita panjatkan ke hadirat Alloh SWT, yang telah melimpahkan berbagai nikmat, taufiq dan hidayah kepada kita sekalian, sehingga saat ini kita masih dapat berkumpul dan menunaikan ibadah jumah di Masjid yang mulia ini. Sholawat dan salam, semoga tercurah ke haribaan Nabi Muhammad SAW, ahli keluarga, para sahabat dan orang-orang yang mau mengikuti petunjuk beliau, hingga akhir jaman kelak.

Hadirin Jamaah Jumah Rohiemakumulloh!
Ketika orang – orang sedang menyiapkan penyambutan tahun baru Islam 1 Muharram 1430 H yang hampir bersamaan dengan tahun b Seakan mereka buta, tuli dan bisu, terhadap berbagai protes dan demo – demo besara – besaran yang dilakukan di berbagai belahan dunia tersebut. baru Masehi, 1 Januari 2009, kita dikejutkan dengan berita serbuan tentara Israel ke Jalur Gaza Palestina, dengan dalih ingin menghentikan perlawanan rakyat Palestina yang dimotori oleh Hamas, yang dimulai tanggal 27 Desember 2008 yang lalu, melalui serangan udara yang dilanjutkan serangan darat.

Hingga saat ini telah memasuki hari ke – 13 dan belum ada tanda – tanda perang akan sebera berakhir. Sebagai akibatnya 700 lebih melayang dan 3000 lebih terluka, yang 2/3 dari padanya adalah anak – anak dan wanita yang tak berdosa dan tidak tahu urusan masalah perang.

Beragam tanggapan telah disampaikan oleh berbagai tokoh pemerintah, tokoh masyarakat, tokoh agama maupun rakyat biasa di berbagai belahan dunia, yang sebagian mereka adalah mengutuk dan menentang keras agresi/ serangan militer oleh Israel tersebut. Ada negara yang mengusir pulang Dubes Israel dan ada yang sekedar mengutuk atau meprotes. Ada pengumpulan sumbangan dana, donor darah dan demo besar – besaran mengutuk atau memprotes kebiadapan Israel tersebut, sebagaimana yang dilakukan di berbagai daerah di negeri kita. Bahkan berbagai organisasi dunia, seperti Liga Arab dan PBB, telah pula melakukan pembehasan dan himbauan agar Israel segera menghentikan agresi militernya.

Namun sayang semua itu, seakan dianggap angin lalu oleh Israel.

Setidaknya, ada 3 sebab utama, kenapa seakan mereka (Israel) buta, tuli dan bisu, terhadap berbagai protes dan demo – demo besara – besaran yang dilakukan di berbagai belahan dunia tersebut.
1.        Sebagaimana dikisahkan di dalam Al – Quran, bangsa Yahudi itu memiliki sikap pembangkang, keras kepala, arogan dan suka ingkar janji.
2.        Adanya dukungan dari Pemerintahan AS dan sekutunya atau setidaknya AS dan Sekutunya, tidak mau memprotes agresi militer yang dilakukan Israel tersebut, termasuk Presiden terpilih Barakh Obama. Karena, seandainya AS dan Sekutunya mau bilang dengan Israel agar segera menghentikan perang tersebut, tentu mereka akan sebegar menghentikannya.
3.        Tidak adanya kesepakatan di antara negera – negara Islam, atau setidaknya negara – negara yang mayoritas berpenduduk Muslim dalam menyikapi apa yang dilakukan oleh Israel dan AS, sejak dulu hingga kini.

Hadirin jamaah jumah rohiemakumulloh!
Apa yang dapat kita lakukan dalam menyikapi agresi mileter Israel terhadap rakyat Palestina tersebut?
Meskipun banyak orang mengatakan bahwa perang Israel dan Palestina itu bukan perang agama, namun tak dapat dipungkiri, bahwa yang menjadi kurban perang dan rakyat Palestina itu, mayoritas adalah muslim. Sehingga, sudah seharusnya, kita ikut prihatin dan kita harus menentang keras agresi militer Israel tersebut, serta mendukung perjuangan rakyat Palestina, dengan bantuan berupa: dana, doa, bahkan nyawa jika perlu, sebagaimana yang dilakukan Umat Islam di berbagai belahan dunia, termasuk di berbagai daerah di negara kita. Karena, sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW, bahwa kita sesama muslim di manapun saja berada adalah “KAL JASADIL WAHID” (Laksana tubuh yang satu), sehingga penderitaan dan kesengsaraan rakyat palestina seperti yang terjadi akhir – akhir ini dan entah sampai kapan?, adalah termasuk penderitaan dan kesengsaraan kita juga.

Oleh karena itu, marilah kita galang dana dan doa, untuk mereka, agar Israel segera menghentuikan agresinya, atau rakyat Palestina segera diberikan kemenangan, dan yang gugur atau terbunuh semoga termasuk ke dalam mati syahid dan mendapatkan ampunan dan syurga di sisi Alloh SWT. Aamien yaa Robbal ‘Aalamien.

BAAROKALLOOHU LII WALAKUM FIL QUR’AANIL ‘ADZIIM, WANAFAA’ANNI WA-IYAAKUM WADZIKRIL HAAKIM. AKUULU QOULII HADZAA WASYTAGHFIRULLLAHAL ‘AADZIM. INNAHU HUWAL GHOFUURURROHIEM.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar