DALYANA'S BLOG
My Life My Imagination My Opinion

Rabu, 12 Januari 2011

PENGEMBANGAN SOAL TES

LANGKAH-LANGKAH PENGEMBANGAN TES
  1. Tujuan
  2. Penyusunan kisi-kisi
  3. Penulisan soal
  4. Analisis Butir secara kualitatif
  5. Perakitan Soal
  6. Ujicoba Soal
  7. Analisis Butir secara kuantitatif
  8. Pemilihan Butir soal
  9. Perakitan soal
Pengertian Kisi-Kisi
Kisi-kisi adalah suatu format berupa matriks yang memuat informasi yang dijadikan pedoman untuk menulis soal atau merakit soal menjadi suatu tes.


Kegunaan Kisi-Kisi
Kisi-kisi tes berfungsi sebagai pedoman dalam penulisan soal atau dalam merakit soal menjadi suatu tes.

Syarat-syarat kisi-kisi yang baik
  1. Mewakili isi kurikulum yang akan diujikan.
  2. Komponen-komponennya rinci, jelas, dan mudah dipahami.
  3. Soal-soalnya dapat dibuat sesuai dengan indikator dan bentuk soal yang ditetapkan.
Komponen yang diperlukan dalam sebuah kisi-kisi sangat ditentukan oleh tujuan tes yang hendak disusun. Komponen-komponen ini dapat dihimpun menjadi dua kelompok yaitu kelompok identitas dan kelompok matriks.

Komponen kisi-kisi
  1. Jenis sekolah/Jenjang sekolah
  2. Program/Jurusan
  3. Bidang studi/Mata pelajaran
  4. Tahun ajaran
  5. Kurikulum yang dipergunakan
  6. Alokasi waktu
  7. Jumlah soal
  8. Bentuk soal
  9. SK/KD
  10. Materi yang akan dibuatkan soal
  11. Kelas/Semester
  12. Jumlah soal
  13. Indikator
  14. Nomor urut soal

Kriteria pemilihan materi yang diujikan
  1. Urgensi, yaitu materi secara teoritis, mutlak harus dikuasai oleh siswa.
  2. Kontinuitas, yaitu materi lanjutan yang merupakan pendalaman dari satu atau lebih materi yang sudah dipelajari sebelumnya, baik dalam jenjang yang sama maupun antar jenjang.
  3. Relevansi, yaitu materi terpilih merupakan materi yang berkaitan dan diperlukan untuk mempelajari atau memahami bidang studi lain.
  4. Keterpakaian, yaitu materi yang diujikan harus merupakan materi yang memiliki nilai terapan tinggi dalam kehidupan sehari-hari.
Pengertian Indikator
Indikator adalah ciri-ciri kemampuan yang akan diukur. Penulisan indikator ini penting karena merupakan dasar untuk penulisan soal yang diharapkan dapat mengungkap kemampuan murid yang hendak diukur.

Kriteria indikator yang baik
  1. Memuat ciri-ciri SKL/KD yang hendak diukur.
  2. Memuat satu kata kerja operasional yang dapat diukur. Khusus untuk bentuk soal uraian dan Kinerja dapat lebih dari satu. memuat ciri-ciri kemampuan dasar yang hendak diukur.
  3. Berkaitan erat dengan materi dan kompetensi dasar.
  4. Dapat dibuat soalnya dengan bentuk soal yang telah ditetapkan dalam kisi-kisi.

Download Contoh Kisi-Kisi Penulisan Soal:

Artikel Terkait Lainnya Yang Tak Kalah Menarik

1 komentar:

  1. Maaf sebelumnya pak..Izin mau minta sumbernya pak. terimakasih

    BalasHapus